PERATURAN DAN KETENTUAN PUBLIC SPEAKING COMPETITION- STORY TELLING CONTEST -8th ANNIVERSARY OF ENGLISH DEPARTMENT STATE ISLAMIC UNIVERSITY SUNAN AMPEL SURABAYA
A. JENIS PERLOMBAAN
Kompetisi ini bernama Public Speaking Competition, yang berfokus pada Story Telling Contest. Dimana seorang peserta harus menceritakan kembali sebuah cerita di depan umum melalui komunikasi yang menarik dan dapat dimengerti oleh audience maupun juri. Kompetisi ini bersifat perseorangan.
B. TEMA PERLOMBAAN
Tema dari Public Speaking Competition adalah “Young Soul of Nation Culture”.
C. TUJUAN PERLOMBAAN
· Untuk mengembangkan kemampuan berbicara di depan umum
- · Untuk mewadahi minat, bakat, serta kreatifitas pelajar dalam mempratekkan kemampuan berbahasa Inggris.
· Untuk melatih menjadi pembicara yang baik
D. WAKTU DAN TEMPAT LOMBA
Public Speaking Competition diselenggarakanpada, :
Hari/tanggal : Senin, 12 November 2018
Pukul : 08.00 WIB
Tempat : Gedung Self Access Centre (SAC) lantai 3
E. Ketentuan Umum
· Perlombaan ini terbuka untuk tingkat SMA/SMK/MA/MAK se-Jawa Timur, dan umum (14-18 tahun).
· Peserta lomba adalah perorangan.
· Kuota peserta sebanyak 45 (empat puluh lima) orang. Apabila kuota telah terpenuhi, panitia akan menolak peserta yang akan mendaftar.
· Biaya pendaftaran lomba sebesar Rp. 70.000,- (Tujuh puluh ribu rupiah).
· Tema Story Telling, : “Young Soul of Nation Culture”
· Mengikuti Technical Meeting pada tanggal 12 November 2018 di Gedung Self Acces Center UIN Sunan Ampel Surabaya.
F. Ketentuan Pendaftaran
· Pendaftaran dimulai pada tanggal 16 Juli s/d 6 November 2018.
· Pendaftaran dilakukan dengan cara offline maupun online;
· Offline : 1. Gedung Multimedia B Lt. 3 (Basecamp Himapro SI) UIN
Sunan Ampel Surabaya.
2. Stand Blok M UIN Sunan Ampel Surabaya
· Setiap peserta wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 70.000,- (Tujuh puluh ribu rupiah) saat pendaftaran atau dapat ditransfer. (untuk pembayaran melalui transfer silahkan menghubungi CP terlebih dahulu)
· Formulir peserta dapat diunduh melalui himaprosiadab.blogspot.comdan mengumpulkannya bisa melalui email amaliamira1999@gmail.com atau secara offline dengan datang ke: Basecamp HIMAPRO-SI di Gedung Multimedia B Lt 3.
· Peserta yang telah membayar uang secara transfer wajib memberikan foto berupa bukti transfer yang dikirimkan kepada CP Mira via Line, maupun via Whatsapp (082233411916)
· Pada saat hari pelaksanaan lomba peserta tidak datang, maka dianggap gugur dan uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.
G. Mekanisme Pelaksanaan
· Acara ini dilaksanakan pada:
Hari/tanggal : Senin, 12 November 2017
Pukul : 07.00 – selesai
Tempat : Gedung Self Access Center (SAC) Lt.3 UIN Sunan Ampel
Surabaya
· Peserta wajib hadir pada Technical Meeting yang diadakan pada 12 November 2017 bertempat yang akan diinformasikan lebih lanjut.
· Peserta akan mendapatkan nomor urutan secara random pada saat Technical Meeting.
· Apabila akan terlambat dan mengganti nama peserta wajib memberitahu panitia terlebih dahulu maksimal pada saat Technical Meeting.
· Peserta diwajibkan hadir 30 menit sebelum perlombaan dimulai, paling lambat 15 menit sebelum perlombaan dimulai.
· Peserta diwajibkan mengisi daftar hadir yang telah disediakan oleh panitia
· Durasi waktu tampil adalah maksimal 6 menit , apabila melebihi batas waktu yang ditentukan, akan berefek pada penilaian.
· Peserta yang tidak hadir setelah namanya dipanggil 3 kali nomornya akan disimpan di nomor urut akhir.
· Jika peserta tetap tidak hadir juga, maka peserta dinyatakan didiskualifikasi. Dan uang pendaftaran menjadi hak milik panitia.
· Peserta akan tampil berdasarkan nomor urut yang sudah diperoleh pada saat Technical Meeting.
· Aba – aba lomba :
- Lampu hijau dinyalakan sebagai tanda dimualinya pembawaan cerita.
- Lampu kuning dinyalakan sebagai tanda waktu telah berjalan 5 menit.
- Lampu merah dinyalakan sebagai tanda waktu telah habis.
· Perhitungan waktu dimulai pada saat peserta mengucapkan kata pertama atau pada saat penggunaan (misal: efek suara) properti dimulai.
· Hanya ada 1 babak dalam perlombaan dan peserta dengan nilai tertinggi akan dinyatakan sebagai pemenang.
H. Ketentuan dan Pengiriman Karya
· Peserta menggunakan cerita yang berasal dari Indonesia.
· Naskah cerita menggunakan Bahasa Inggris.
· Naskah cerita bebas namun harus sesuai dengan tema yang telah ditentukan.
· Peserta diperkenankan memodifikasi isi cerita tanpa mengubah alur dan inti cerita.
· Naskah cerita diserahkan pada saat pendaftaran atau paling lambat saat technical meeting dilengkapi dengan fotokopi Kartu Pelajar/Kartu Tanda Penduduk (untuk umum) berjumlah 1 lembar.
· Naskah cerita difotokopi rangkap 3 untuk diserahkan pada masing-masing juri.
I. Kriteria Penilaian
· Penilaian berdasarkan 6 aspek, yaitu :
Isi cerita, Aksi, Intonasi, Ekspresi, Interaksi, Ketepatan waktu.
· Penjurian dilakukan oleh 3 orang juri.
· Poin penilaian dimulai dari angka 50 sampai dengan angka 100.
J. Hak dan Kewajiban Peserta
· Hak peserta meliputi, :
- Mendapatkan nomor urut dan dapat menggunakan fasilitas yang telah disiapkan oleh panitia.
- Mengikuti semua kegiatan kompetisi selama tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan dan disepakati pada technical meeting.
- Peserta diperbolehkan menggunakan properti sebagai penunjang dalam performance.
· Kewajiban peserta meliputi, :
- Mengisi formulir pendaftaran dan membayar uang pendaftaran.
- Mengikuti technical meeting.
- Menghormati sesama peserta story telling.
- Mengenakan pakaian yang rapi dan sopan.
- Peserta wajib tetap ditempat perlombaan sampai acara berakhir.
- Tidak diperbolehkan berisik saat peserta lain sedang tampil.
- Peserta dilarang keluar masuk ruangan selama perlombaan dilaksanakan kecuali dalam keadaan terdesak (misal : mengangkat telepon, buang air, dst.)
- Peserta dilarang mengambil foto dengan menggunakan flash selama perlombaan berlangsung.
- Peserta tidak boleh melakukan kesalahan pada saat perform, karena durasi akan tetap berjalan dan tidak akan mengulang dari awal lagi.
- Peralatan peserta tidak boleh mengandung benda tajam yang bisa menyakiti satu sama lain.
- Properti yang digunakan tidak boleh membuat kotor panggung, seperti mengandung cairan ataupun bubuk.
- Tidak diperbolehkan membawa text.
- Peserta yang memakai supporting file seperti, efek music, video, maupun gambar. Wajib memberitahu panitia dan diserahkan pada saat technical meeting.
K. Hadiah
· Juara 1 : Rp. 1.000.000,- + Sertifikat + Trophy
· Juara 2 : Rp. 800.000,- + Sertifikat + Trophy
L. Tanggal Penting
· Pendaftaran : 16 Juli 2018 – 6 November 2018
· Pengumpulan karya : 16 Juli 2018 – 10 November 2018
· Technical Meeting : 12 November 2018
M. Keterangan
· Ketentuan ini mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
· Setiap peraturan harus diikuti dan dipatuhi, diskualifikasi diperlukan apabila melanggar peraturan.
· Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Pihak yang protes terhadap keputusan juri dikenakan beban administrasi sebesar Rp. 100.000,- (Seratus ribu rupiah).
· Hal-hal lain yang belum tercantum diatas akan ditentukan kemudian oleh panitia berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan.